Ada beberapa tulisan arab bulan dengan berbagai versi dan maknanya. Diantaranya adalah “qomar” (قمر) yang artinya bulan, بدر (badr) – ini juga berarti “bulan.”, شهر (shahr) – kata ini digunakan untuk merujuk pada bulan dalam kalender, أقمر (aqlamur) – istilah lain yang digunakan untuk menyebut bulan dalam bahasa Arab. 

Sedangkan tulisan bulan dalam versi arab adalah بُولَان. 

Tulisan Arab Bulan

Berikut tulisan bulan yang bisa dicopas : 
بُولَان , قمر , بدر , شهر , أقمر

Gambar Tulisan Arab Bulan 

Berikut gambar kaligrafi tulisan arab bulan :
Tulisan arab bulan dan bahasa arabnya

Makna dan Pentingnya Bulan Bagi Umat Islam

Bulan memainkan peran yang sangat penting dalam Islam. Ini bukan sekadar benda langit, melainkan simbol yang mendalam dalam keyakinan dan praktik keagamaan umat Islam. 

Kalender Hijriah, yang digunakan oleh komunitas Muslim di seluruh dunia, dasarnya adalah kalender bulan. Ini mengikuti peredaran bulan dan memengaruhi tata cara ibadah harian, seperti waktu salat (sholat) dan awal bulan Ramadan.

Selain itu, bulan juga memiliki peran khusus dalam kisah-kisah keagamaan Islam, seperti Lailatul Qadar dan Isra Mi’raj, yang mengajar umat Islam tentang kekhususan waktu-waktu tertentu dan keberkahan yang terkait dengannya.

Bulan Ramadan adalah contoh yang paling jelas tentang betapa pentingnya bulan dalam Islam. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, melibatkan diri dalam ibadah tambahan, dan merenungkan makna spiritual.

Dalam keseluruhan, pentingnya bulan dalam Islam mencerminkan hubungan yang dalam antara waktu, keyakinan, dan praktik keagamaan umat Islam. Bulan bukan hanya penanda waktu, tetapi juga pengingat akan nilai-nilai dan makna yang lebih dalam dalam agama mereka.

Demikian artikel tentang tulisan arab bulan. Semoga bermanfaat.