peluang usaha online

masnasih.com – Dalam era digital saat ini, peluang usaha online semakin berkembang dan menjadi alternatif bagi banyak orang dalam memulai bisnis. Kehadiran internet dan teknologi digital telah memungkinkan pengusaha untuk memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk atau jasa mereka, mencapai target pasar yang lebih luas, dan memperoleh keuntungan yang signifikan. Peluang usaha online sangat beragam, mulai dari toko online, jasa freelance, dropshipping, marketplace, kursus online, afiliasi marketing, hingga social media influencer dan aplikasi mobile.

Namun, seperti halnya bisnis pada umumnya, memulai usaha online juga memiliki tantangan dan risiko yang perlu diperhatikan dengan baik. Persaingan yang ketat, keamanan data, perubahan tren dan kebijakan digital, serta kebutuhan untuk membangun merek dan reputasi yang kuat, semuanya merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memulai bisnis online.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa peluang usaha online yang menjanjikan dan cara-cara untuk mengoptimalkan peluang tersebut, serta tantangan dan risiko yang perlu diperhatikan dalam memulai bisnis online. Dengan memahami peluang dan risiko ini, diharapkan pembaca dapat memulai bisnis online dengan lebih bijak dan berhasil memperoleh keuntungan yang maksimal.

Toko online

Toko online adalah bisnis online yang menjual produk atau jasa melalui internet. Toko online memungkinkan pemilik bisnis untuk menjangkau pelanggan di seluruh dunia tanpa harus memiliki toko fisik. Beberapa keuntungan dari menjalankan toko online adalah:

  1. Lebih mudah diakses: Pelanggan dapat mengakses toko online kapan saja dan di mana saja, sehingga memudahkan mereka untuk berbelanja.
  2. Lebih murah: Biaya operasional toko online lebih rendah daripada toko fisik karena tidak perlu membayar sewa dan utilitas toko, sehingga harga produk dapat lebih murah.
  3. Lebih mudah untuk memperluas bisnis: Dengan toko online, pemilik bisnis dapat memperluas pangsa pasar mereka tanpa harus membuka toko fisik baru di lokasi yang berbeda.
  4. Dapat menjangkau pelanggan global: Dengan toko online, pemilik bisnis dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia, tidak hanya di wilayah atau negara tertentu.

Namun, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi dalam menjalankan toko online, seperti membangun kepercayaan konsumen, mengelola persediaan dan pengiriman, dan meningkatkan lalu lintas kunjungan ke toko online. Oleh karena itu, sebelum memulai toko online, penting untuk membuat strategi pemasaran yang efektif dan membangun situs web yang menarik dan mudah digunakan.

Berikut Rahasia Sukses Berjualan Online: Tips Memulai dan Mengelola Toko Online yang Efektif

Jasa freelance 

Jasa freelance adalah bisnis online yang menawarkan layanan profesional kepada klien atau perusahaan yang membutuhkan. Beberapa jenis jasa freelance yang umum ditawarkan adalah penulisan, desain grafis, pengembangan web, penerjemahan, pengeditan video, dan lain sebagainya. Keuntungan dari menjadi seorang freelancer adalah:

  1. Fleksibilitas waktu: Seorang freelancer dapat mengatur jadwal kerja mereka sendiri dan bekerja dari mana saja, asalkan memiliki koneksi internet yang stabil.
  2. Keuntungan finansial: Seorang freelancer dapat menetapkan tarif yang tinggi untuk layanan mereka, terutama jika mereka memiliki keahlian khusus yang langka dan dicari oleh banyak klien.
  3. Kesempatan untuk mengembangkan portofolio: Seorang freelancer dapat memperluas portofolio mereka dengan mengerjakan proyek-proyek yang beragam dan meningkatkan keterampilan mereka dalam bidang yang diinginkan.
  4. Mempertahankan kontrol atas karir mereka: Seorang freelancer dapat memilih proyek-proyek yang mereka ingin kerjakan, menghindari konflik dengan klien yang tidak cocok, dan mengembangkan keterampilan khusus yang mereka minati.

Namun, ada beberapa tantangan dalam menjadi seorang freelancer, seperti menemukan klien yang tepat, mengatur keuangan dan administrasi, serta menghadapi persaingan dengan freelancer lain yang menawarkan layanan yang serupa. Oleh karena itu, seorang freelancer perlu mengembangkan strategi pemasaran yang efektif dan membangun portofolio yang menarik untuk menarik klien dan membangun reputasi yang baik.

Berikut ini Tips Sukses Memulai Usaha Freelance untuk Pemula

Dropshipping

Dropshipping adalah bisnis online di mana seorang pedagang menjual produk dari supplier atau produsen tanpa harus membeli, menyimpan, dan mengirim produk tersebut secara fisik. Alih-alih itu, pedagang hanya menawarkan produk tersebut di toko online mereka dan mengirimkan pesanan kepada supplier atau produsen untuk memproses pengiriman dan pengiriman langsung ke pelanggan.

Keuntungan dari menjalankan bisnis dropshipping adalah:

  1. Modal awal yang rendah: Tidak seperti bisnis tradisional, bisnis dropshipping tidak memerlukan modal besar untuk membeli persediaan awal, sehingga memungkinkan pemilik bisnis untuk memulai dengan modal yang rendah.
  2. Tidak perlu menyimpan persediaan: Dalam bisnis dropshipping, supplier atau produsen yang menyimpan dan mengelola persediaan produk, sehingga tidak perlu menyimpan stok di tempat penyimpanan dan tidak perlu menghadapi risiko barang tidak laku.
  3. Mudah untuk memperluas bisnis: Dalam bisnis dropshipping, pemilik bisnis dapat dengan mudah menambahkan produk baru ke toko online mereka tanpa harus memikirkan persediaan dan pengiriman produk tersebut.
  4. Lebih mudah mengelola waktu: Dalam bisnis dropshipping, pemilik bisnis dapat mengelola waktu mereka lebih fleksibel karena tidak perlu menghabiskan waktu dan energi untuk mengelola persediaan dan pengiriman produk.

Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi dalam menjalankan bisnis dropshipping, seperti menemukan supplier yang tepercaya dan berkualitas, mengatur sistem pengiriman dan penanganan pesanan yang efektif, dan meningkatkan brand awareness dan reputasi toko online. Oleh karena itu, pemilik bisnis perlu melakukan riset pasar yang matang dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk membangun bisnis dropshipping yang sukses.

Berikut 5 Tips untuk Sukses dalam Bisnis Dropshipping

Marketplace

Marketplace adalah platform online yang memfasilitasi transaksi antara penjual dan pembeli. Sebuah marketplace biasanya memiliki fitur untuk menampilkan produk atau layanan yang dijual oleh penjual, kemudian pembeli dapat memilih dan membeli produk tersebut langsung melalui platform. Beberapa contoh marketplace yang populer adalah Shopee, Lazada, Tiktok Shop, Tokopedia, Amazon, eBay, dan Etsy.

Keuntungan dari menjual produk di marketplace adalah:

  1. Tingkat lalu lintas yang tinggi: Marketplace memiliki jumlah pengguna yang besar, sehingga ada potensi besar untuk menjangkau banyak pelanggan baru.
  2. Memperluas basis pelanggan: Marketplace dapat membantu penjual menjangkau pelanggan di berbagai lokasi dan mencapai audiens yang lebih besar.
  3. Biaya pemasaran rendah: Marketplace biasanya mengenakan biaya kecil atau bahkan gratis untuk memasarkan produk penjual, sehingga penjual dapat menghemat biaya pemasaran dan memfokuskan sumber daya pada pengembangan produk dan layanan.
  4. Keamanan transaksi: Marketplace menyediakan sistem pembayaran dan perlindungan pembeli untuk membantu memastikan bahwa transaksi aman dan tidak terjadi penipuan.

Namun, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi dalam menjual produk di marketplace, seperti persaingan dengan penjual lain yang menjual produk serupa, pembatasan dan aturan yang ditetapkan oleh marketplace, dan biaya komisi yang dikenakan pada penjualan. Oleh karena itu, penjual harus melakukan riset pasar dan mengembangkan strategi pemasaran yang efektif untuk memaksimalkan potensi penjualan di marketplace.

Berikut ini Peluang Bisnis Marketplace di Indonesia: Tantangan dan Strategi untuk Masa Depan

Kursus online

Kursus online adalah program pembelajaran yang disajikan secara online, biasanya dalam bentuk video, modul pembelajaran, tugas, dan pengujian. Kursus online dapat ditawarkan oleh lembaga pendidikan formal seperti universitas atau sekolah, atau oleh lembaga non-formal seperti platform e-learning.

Banyak keuntungan yang bisa didapat dari membuka kursus online, antara lain:

  1. Dapat menjangkau lebih banyak siswa: Dengan membuka kursus online, Anda dapat menjangkau siswa dari seluruh dunia. Ini memberikan peluang untuk menarik siswa yang mungkin tidak bisa menghadiri kursus di lokasi fisik Anda.
  2. Biaya yang lebih rendah: Membuka kursus online dapat mengurangi biaya operasional Anda. Anda tidak perlu membayar sewa ruangan, listrik, dan fasilitas lainnya seperti di lokasi fisik. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan untuk menghadiri kursus atau workshop di lokasi.
  3. Fleksibilitas waktu: Kursus online memungkinkan siswa untuk belajar di waktu yang nyaman bagi mereka. Ini memungkinkan siswa untuk menyesuaikan jadwal belajar mereka dengan pekerjaan atau kegiatan lain yang mungkin mereka miliki.
  4. Skalabilitas: Membuka kursus online memungkinkan Anda untuk mengajar sebanyak mungkin siswa tanpa harus memperhatikan keterbatasan fisik dari lokasi fisik Anda.
  5. Rekam ulang: Kursus online dapat direkam dan diunggah ke platform pembelajaran online. Ini memungkinkan siswa untuk mengakses kembali materi pembelajaran di kemudian hari jika mereka memerlukannya.
  6. Lebih mudah untuk memantau kemajuan siswa: Dengan platform pembelajaran online, Anda dapat memantau kemajuan siswa secara real-time. Anda dapat melihat bagaimana siswa menyelesaikan tugas, menyelesaikan kuis, atau mengikuti materi pelajaran. Ini memungkinkan Anda untuk memberikan umpan balik lebih cepat dan lebih akurat kepada siswa.
  7. Dapat menawarkan harga lebih murah: Dengan biaya operasional yang lebih rendah, Anda dapat menawarkan harga yang lebih murah untuk kursus online Anda. Ini dapat menarik lebih banyak siswa dan meningkatkan keuntungan Anda.
  8. Tidak terikat pada batasan geografis: Kursus online memungkinkan Anda untuk mengajar siswa dari seluruh dunia tanpa harus memperhatikan batasan geografis. Ini memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar global dan memperluas cakupan bisnis Anda.

Meskipun ada banyak keuntungan dari membuka kursus online, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi, antara lain:

  1. Persaingan yang ketat: Ada banyak kursus online yang ditawarkan di internet, dan Anda harus bersaing dengan mereka untuk menarik minat calon siswa. Anda perlu mencari cara untuk membedakan kursus Anda dari kursus lain dan menarik perhatian siswa.
  2. Memastikan kualitas pembelajaran: Kursus online harus memberikan kualitas pembelajaran yang sama dengan kursus yang diajarkan di lokasi fisik. Anda harus memastikan bahwa materi pembelajaran, tugas, dan pengajaran online yang Anda berikan berkualitas tinggi dan mudah dimengerti oleh siswa.
  3. Memastikan ketersediaan teknologi: Anda harus memastikan bahwa teknologi yang digunakan dalam kursus online berfungsi dengan baik dan mudah digunakan oleh siswa. Ini meliputi platform pembelajaran online, perangkat lunak, dan perangkat keras yang digunakan.
  4. Mengelola interaksi online: Interaksi online dapat menjadi kurang interaktif dibandingkan dengan interaksi di lokasi fisik, sehingga Anda perlu memastikan bahwa siswa tetap merasa terlibat dan termotivasi untuk belajar. Anda juga perlu memastikan bahwa Anda dapat menjawab pertanyaan siswa dan memberikan umpan balik dengan cepat.
  5. Keamanan data: Kursus online mungkin mengandung informasi yang sensitif atau rahasia, seperti informasi pribadi siswa atau informasi hak kekayaan intelektual. Anda perlu memastikan bahwa data ini aman dan dilindungi dari serangan siber atau pencurian.
  6. Keterbatasan pengalaman belajar: Beberapa siswa mungkin merasa kesulitan belajar di lingkungan online dan kurang terbiasa dengan format pembelajaran online. Anda perlu memastikan bahwa siswa dapat mengakses dan memahami materi dengan mudah dan memberikan dukungan yang diperlukan untuk siswa yang mengalami kesulitan.
  7. Mendapatkan kepercayaan siswa: Calon siswa harus yakin bahwa kursus online yang Anda tawarkan berkualitas tinggi dan bernilai untuk uang yang mereka bayarkan. Anda harus membangun reputasi yang baik dan menyediakan bukti kredibilitas, seperti testimoni siswa atau sertifikasi dari organisasi terkait.

Afiliasi marketing

Afiliasi marketing adalah bentuk pemasaran di mana seorang afiliasi mempromosikan produk atau layanan milik perusahaan atau pemilik merek, dan menerima komisi untuk setiap penjualan atau tindakan tertentu yang dihasilkan dari tautan afiliasi mereka. Seorang afiliasi biasanya adalah seorang individu atau perusahaan yang memiliki situs web, blog, atau saluran media sosial dengan audiens yang besar dan relevan dengan produk yang dipromosikan.

Keuntungan dari menjadi afiliasi marketer adalah:

  1. Peluang menghasilkan uang: Afiliasi marketer dapat menghasilkan uang dengan mengiklankan produk atau layanan yang relevan dengan audiens mereka, dan menerima komisi untuk setiap penjualan yang dihasilkan dari tautan afiliasi mereka.
  2. Tidak memerlukan produk sendiri: Sebagai afiliasi marketer, seseorang tidak perlu memiliki produk atau layanan sendiri untuk dipromosikan, sehingga mengurangi biaya produksi dan pengembangan produk.
  3. Fleksibilitas: Afiliasi marketer dapat bekerja dari mana saja dan kapan saja, dan dapat memilih produk atau layanan yang ingin mereka promosikan.
  4. Potensi penghasilan pasif: Setelah tautan afiliasi ditempatkan di situs web atau media sosial, afiliasi marketer dapat menghasilkan uang secara pasif dari penjualan yang dihasilkan dari tautan tersebut.

Namun, ada beberapa tantangan dalam menjadi afiliasi marketer, seperti persaingan dengan afiliasi marketer lain untuk mempromosikan produk yang sama, kesulitan dalam membangun kredibilitas dan kepercayaan di antara audiens, dan kurangnya kendali atas produk yang dipromosikan. Oleh karena itu, afiliasi marketer perlu melakukan riset pasar dan memilih produk atau layanan yang berkualitas tinggi dan relevan dengan audiens mereka, serta membangun hubungan yang kuat dengan pemilik merek dan pelanggan potensial.

Berikut Strategi Afiliasi Marketing yang Terbukti Meningkatkan Pendapatan: Studi Kasus Sukses

Jasa konsultasi online

Jasa konsultasi online adalah layanan di mana seorang konsultan memberikan saran dan bimbingan kepada klien secara online. Konsultan dapat membantu klien dalam berbagai bidang, seperti bisnis, keuangan, pemasaran, teknologi informasi, hukum, sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Keuntungan dari menggunakan jasa konsultasi online adalah:

  1. Kemudahan akses: Konsultasi online dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, sehingga memungkinkan klien untuk berkonsultasi dengan konsultan sesuai jadwal yang paling nyaman bagi mereka.
  2. Biaya yang lebih rendah: Konsultasi online seringkali lebih terjangkau dibandingkan konsultasi tatap muka karena tidak memerlukan biaya transportasi dan akomodasi.
  3. Konsultasi spesialis: Klien dapat memilih konsultan yang memiliki keahlian khusus dalam bidang yang relevan dengan kebutuhan mereka, sehingga dapat memperoleh saran dan bimbingan yang lebih terfokus.
  4. Privasi: Konsultasi online dapat dilakukan secara anonim dan rahasia, sehingga klien dapat merasa lebih nyaman dan terbuka untuk berbicara tentang masalah mereka.

Namun, ada beberapa tantangan dalam menggunakan jasa konsultasi online, seperti kesulitan dalam membangun hubungan yang kuat dengan konsultan secara online, kesulitan dalam memahami konteks dan situasi klien tanpa bertemu secara langsung, dan kurangnya interaksi sosial dan empati yang dapat membantu memperbaiki masalah klien. Oleh karena itu, klien dan konsultan perlu mengembangkan cara komunikasi yang efektif dan membangun hubungan yang kuat dan saling percaya, serta mencari cara untuk meningkatkan interaksi sosial dan empati selama konsultasi online.

Berikut ini Peluang Bisnis Jasa Konsultasi Online: Langkah Memulai dan Tips Sukses

Blog

Blog adalah situs web atau platform digital yang digunakan untuk mempublikasikan konten secara berkala dalam bentuk tulisan, gambar, atau video. Blog biasanya dimiliki dan dikelola oleh individu atau kelompok tertentu yang ingin berbagi informasi, pengalaman, atau pandangan mereka tentang topik tertentu dengan audiens yang lebih luas.

Keuntungan dari membuat blog adalah:

  1. Menjadi sumber informasi: Blog dapat menjadi sumber informasi dan referensi yang bermanfaat bagi pembaca yang mencari informasi tentang topik tertentu. Sebagai penulis blog, Anda dapat memberikan pandangan atau pengetahuan yang dapat membantu pembaca untuk memecahkan masalah mereka.
  2. Meningkatkan kredibilitas: Blog dapat membantu meningkatkan kredibilitas Anda di mata pembaca dan potensial klien atau pemberi kerja. Dengan membagikan pengetahuan dan pengalaman Anda, Anda dapat membangun reputasi sebagai ahli di bidang tertentu.
  3. Menarik trafik ke situs web: Blog yang informatif dan berkualitas dapat membantu menarik trafik ke situs web Anda. Dengan menambahkan tautan ke situs web atau produk Anda dalam blog, Anda dapat memperluas jangkauan bisnis dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pelanggan baru.
  4. Penghasilan pasif: Blog dapat menjadi sumber penghasilan pasif melalui iklan, afiliasi marketing, atau penjualan produk digital seperti e-book, kursus online, atau produk digital lainnya.

Namun, ada juga beberapa tantangan dalam membuat blog, seperti persaingan yang tinggi dalam bidang tertentu, kurangnya waktu dan konsistensi dalam memproduksi konten yang berkualitas, dan kesulitan dalam menjangkau audiens yang relevan dan membangun basis pembaca yang setia. Oleh karena itu, penting untuk membuat konten yang berkualitas dan terus menerus mempromosikan blog Anda melalui media sosial dan platform lainnya untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan peluang untuk sukses.

Berikut ini Cara Mengubah Hobi Menulis Menjadi Bisnis Menguntungkan: Panduan Bisnis Blog untuk Pemula

Social media influencer

Social media influencer adalah seseorang yang memiliki pengaruh besar di media sosial dan mampu mempengaruhi perilaku atau pandangan pengikutnya dalam berbagai hal, seperti gaya hidup, mode, kecantikan, makanan, atau teknologi. Influencer biasanya memiliki jumlah pengikut yang besar dan aktif di platform media sosial tertentu, seperti Instagram, YouTube, TikTok, atau Twitter.

Keuntungan dari menjadi social media influencer adalah:

  1. Penghasilan yang menjanjikan: Influencer dapat memperoleh penghasilan dari sponsor, iklan, atau afiliasi marketing dengan merekomendasikan atau mengulas produk atau layanan di media sosial mereka.
  2. Kebebasan dan kreativitas: Influencer memiliki kebebasan untuk memilih topik atau konten yang ingin mereka bagikan di media sosial mereka, serta cara dan gaya unik untuk menyampaikan pesan mereka.
  3. Pengaruh dan kekuatan: Influencer memiliki pengaruh dan kekuatan untuk mempengaruhi perilaku dan pandangan pengikut mereka, yang dapat digunakan untuk mendukung kampanye amal atau penyadaran sosial pada isu-isu penting.
  4. Kesempatan bisnis dan kemitraan: Influencer dapat memperoleh kesempatan bisnis dan kemitraan dengan merek atau perusahaan terkemuka, serta memperluas jaringan dan membangun hubungan bisnis yang berguna.

Namun, menjadi social media influencer juga memiliki tantangan, seperti persaingan yang ketat dengan influencer lain di platform yang sama, risiko kehilangan pengikut atau dukungan sponsor jika konten tidak relevan atau tidak pantas, dan tekanan untuk selalu tampil sempurna dan populer di media sosial. Oleh karena itu, penting bagi influencer untuk mempertahankan integritas dan autentisitas, serta membangun hubungan yang kuat dan saling percaya dengan pengikut dan sponsor mereka.

Berikut ini Strategi Sukses Bisnis Social Media Influencer: Tips dan Trik Terbaik

Aplikasi mobile

Aplikasi mobile adalah program atau software yang dirancang khusus untuk dijalankan pada perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet. Aplikasi mobile dapat diunduh dan diinstal dari toko aplikasi seperti Google Play atau App Store. Aplikasi mobile dapat digunakan untuk berbagai tujuan, termasuk hiburan, pendidikan, produktivitas, bisnis, dan lain sebagainya.

Keuntungan dari membuat aplikasi mobile adalah:

  1. Menjangkau pengguna mobile: Aplikasi mobile memungkinkan Anda untuk menjangkau pengguna mobile yang lebih banyak dan lebih aktif, karena pengguna mobile cenderung menghabiskan lebih banyak waktu di perangkat mobile mereka dibandingkan dengan desktop atau laptop.
  2. Meningkatkan pengalaman pengguna: Aplikasi mobile dapat memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih interaktif daripada situs web, karena aplikasi mobile dapat mengakses fitur perangkat seperti kamera, lokasi, dan sensor lainnya.
  3. Meningkatkan retensi dan kesetiaan pelanggan: Aplikasi mobile dapat membantu meningkatkan retensi dan kesetiaan pelanggan, karena pengguna dapat dengan mudah mengakses aplikasi dan mendapatkan informasi atau layanan yang mereka butuhkan dalam hitungan detik.
  4. Menghasilkan pendapatan: Aplikasi mobile dapat menghasilkan pendapatan melalui iklan, pembelian dalam aplikasi, atau model bisnis langganan.

Namun, ada juga beberapa tantangan dalam membuat aplikasi mobile, seperti persaingan yang tinggi di pasar aplikasi, kesulitan dalam menarik pengguna dan mempertahankan pengguna aktif, serta biaya pengembangan dan pemeliharaan yang tinggi. Oleh karena itu, penting untuk merencanakan dan mengembangkan aplikasi mobile yang berkualitas tinggi, menargetkan pasar yang tepat, dan mempromosikan aplikasi dengan efektif untuk memperoleh keuntungan maksimal.

Berikut ini Cara Berbisnis Aplikasi Mobile: Studi Kasus Sukses dan Tips untuk Pemula

Dalam era digital saat ini, peluang usaha online semakin berkembang dan memberikan alternatif bagi banyak orang untuk memulai bisnis. Kehadiran teknologi digital memungkinkan pengusaha untuk memanfaatkan platform online untuk memasarkan produk atau jasa mereka, mencapai target pasar yang lebih luas, dan memperoleh keuntungan yang signifikan.

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa peluang usaha online yang menjanjikan seperti toko online, jasa freelance, dropshipping, marketplace, kursus online, afiliasi marketing, social media influencer, dan aplikasi mobile. Namun, seperti bisnis pada umumnya, memulai usaha online juga memiliki tantangan dan risiko yang perlu diperhatikan.

Oleh karena itu, sebelum memulai bisnis online, pastikan untuk memahami kebutuhan pasar, merencanakan strategi yang tepat, membangun merek dan reputasi yang kuat, serta melindungi data dan informasi bisnis Anda. Dengan demikian, Anda dapat memaksimalkan peluang usaha online dan berhasil memperoleh keuntungan yang diinginkan.