toko kelontong modal 20 juta

Toko kelontong modal 20 juta ternyata dapat direalisasikan, asalkan perhitungan pengeluarannya tepat sasaran. Toko kelontong yang dimaksud merupakan usaha yang menjual berbagai jenis produk yang cukup lengkap.

Berbeda dengan toko sembako, toko kelontong juga mencakup kebutuhan lain-lain seperti alat mandi hingga obat. Bila diibaratkan, toko kelontong mirip seperti minimarket. Hanya saja, minimarket lebih luas dan memiliki berbagai varian produk. 

Contoh Perhitungan Modal untuk Toko Kelontong

Dalam skenario ini, anggap saja penggiat usaha sudah memiliki uang untuk toko kelontong modal 20 juta. Ada berbagai poin yang memiliki biayanya masing-masing, dalam membuka toko. Kira-kira beginilah contoh perhitungannya:

1. Persiapan Awal Toko Kelontong

Untuk memulai toko kelontong, maka tahap awalnya adalah mempersiapkan lokasi jualannya. Membuka toko kelontong dapat dilakukan di bagian depan rumah atau ruko, namun harus perlu dirombak dulu. Adapun modal persiapannya yaitu:

  • Biaya renovasi ruangan untuk toko kelontong, mulai dari pengecatan, pembersihan dan lain-lain: Rp1.500.000,-.

  • Harga rak dagang besi: Rp600.000,-.

  • Harga etalase kaca ukuran 1.5 meter: Rp750.000,-.

  • Kisaran harga spanduk toko 2-3 meter: Rp100.000,-.

  • Harga rak dinding toko: Rp650.000,-.

  • Harga meja atau konter untuk menaruh sebagian produk: Rp1.000.000,-.

Dari persiapan awal di atas, maka modal yang dibutuhkan adalah Rp4.600.000,-. Harap diperhatikan di sini jika patokan persiapan toko kelontong tiap orang akan berbeda-beda. Jika mau aman, setidaknya sisihkan Rp5.000.000,-.

2. Stok Barang yang Ingin Dijual

Toko kelontong tidak akan lengkap tanpa adanya barang yang dijual. Untuk ini, penggiat usaha perlu mencari supplier yang terpercaya dengan harga terbaik.

Kira-kira apa saja stok barang yang ingin dijual? Berikut contoh-contohnya:

  • Bahan pangan seperti sayur-sayuran, beras goni, bumbu dapur, hingga makanan instan.

  • Makanan ringan berupa snack, biskuit, crackers, roti, hingga keripik/kerupuk. Minuman dan es krim juga dapat dijual.

  • Alat mandi seperti sabun, sampo, odol, dan lain-lain.

  • Kebutuhan rumah tangga, misalkan deterjen, sabun cuci piring, dan tabung gas 3 kilo.

  • Obat warung yang biasanya diperdagangkan secara bebas.

Untuk ini, disarankan untuk menyisihkan sebagian dari modal untuk membeli seluruh barang yang dijual. Rp10.000.000,- merupakan tolak ukur yang cukup bagus untuk total kira-kira harga seluruh barang jual.

3. Biaya Operasional Toko Kelontong

Biaya untuk menjalankan toko kelontong modal 20 juta, juga akan perlu diperhitungkan. Untungnya, toko kelontong bukan jenis usaha yang bergantung kepada teknologi. Kira-kira begini biaya operasional untuk menjalankan toko kelontong:

  • Kisaran biaya listrik untuk lampu yang menerangi toko kelontong, dan satu unit kipas angin: Rp200.000,-.

  • Biaya pemeliharaan toko kelontong, sekaligus dana darurat jika dibutuhkan: Rp800.000,-.

  • Total biaya operasional yang dibutuhkan: Rp1.000.000,-.

Setelah ketiga poin diatas sudah hitung, maka total biaya modal toko kelontong yang diperlukan adalah Rp15.600.000,-. Sisa uang yang didapatkan dapat disimpan untuk keperluan lainnya, atau untuk memperbagus toko kembali.

Bagaimana agar Toko Kelontong Modal 20 Juta Dapat Dikelola dengan Baik?

Setelah mempersiapkan toko, lalu bagaimana cara mengelolanya? Baik penggiat usaha yang baru maupun sudah berpengalaman, akan membutuhkan strategi bisnis yang tepat. Sebagai permulaan, pemilik toko kelontong dapat:

  • Melakukan riset akan produk mana yang paling sering dibeli oleh pelanggan sekitar. Dengan begitu, maka uang dapat difokuskan untuk membeli stok barang tertentu saja.

  • Memilih supplier atau distributor barang yang berkualitas, dan penawaran yang bagus. Pemilik toko juga dapat membeli banyak barang jualan di toko grosir lebih murah.

  • Menyediakan beragam varian dari suatu jenis produk. Pelanggan akan senang melihat banyaknya pilihan yang dapat disesuaikan dengan preferensi masing-masing.

Demikian penjelasan mengenai cara perhitungan toko kelontong modal 20 juta, serta tips mengelolanya. Kesimpulannya, toko ini masih memiliki modal yang minim. Silahkan untuk jadikan perhitungan di atas sebagai patokan toko kelontong.