usaha makanan ringan serba 1000

Hingga saat ini, usaha makanan ringan serba 1000 masih menjadi bisnis yang menguntungkan. Jangan hanya dilihat dari harganya saja, namun juga dari kuantitas.

Saat ini, ada berbagai jajanan yang bisa dijual karena demand-nya tinggi. Sejak dulu, makanan serba murah memang merupakan cemilan favorit anak-anak.

Meski saat ini harga bahan semakin melejit, namun masih ada makanan serba 1000 yang tetap menguntungkan. Seperti inilah makanan yang bisa dijual:

1. Serba Gorengan

Sebagai penduduk Indonesia, gorengan telah menjadi makanan pendamping bagi segala kalangan dan umur. Selain murah meriah, gorengan lebih bervariatif mulai dari pisang, ubi, hingga tempe.

Bagi penjual, bahan-bahannya juga mudah dibeli. Berbagai aneka gorengan ini masih dapat dijual dengan harga Rp1.000,- per biji.

Gorengan juga dapat dilengkapi dengan saus sambal atau cabe jika ingin dikreasikan. Dengan demand yang besar, maka gorengan akan selalu mudah laris.

2. Pentol Bakar

Banyak yang mengenal pentol sebagai alternatif dari bakso. Namun perbedaannya adalah bahan pembuatannya, dimana kandungan tepung kanji pada pentol lebih besar.

Pentol juga dapat menjadi usaha makanan ringan serba 1000. Karena kandungan daging yang lebih sedikit dari bakso, pentol dapat lebih murah per tusuknya.

Penjual dapat menambahkan 4-5 pentol tiap tusuk, lalu dibakar dengan bumbu racikan. Rasa dan baunya yang khas akan mengundang banyak pembeli.

3. Makaroni Pedas

Makaroni biasanya sering ditemukan pada sup atau pasta, namun ada juga yang diinovasikan sebagai cemilan kerupuk. Serta makaroni pedas merupakan salah satu cemilan murah meriah yang sering dicari, karena rasa dan teksturnya yang khas.

Dinamakan makaroni pedas, karena penjualnya menggunakan bubuk cabe pedas sebagai bumbu makaroni. Selain cabe, makaroni pedas juga dapat ditambahkan keju bubuk. Harganya yang terjangkau membuat banyak orang yang menggemarinya.

4. Jajanan Tradisional

Masih banyak pedagang yang menjajakan jajanan tradisional yang legendaris. Makanan jaman dulu yang masih eksis hingga kini, dapat menjadi usaha makanan ringan serba 1000 yang menjanjikan. Berbagai contoh jajanan yang bisa dijual yaitu:

  • Serabi mini, yaitu kue tradisional yang sudah terkenal di berbagai wilayah Indonesia sejak 1923.

  • Kue pukis asal kota Banyumas yang dapat diberi topping seperti meses.

  • Kue pancong asal Betawi yang sering dijual secara umum di berbagai wilayah Indonesia.

5. Puding atau Agar-Agar

Di wilayah iklim panas seperti Indonesia, agar-agar dapat membuat badan menjadi sejuk. Cara pembuatannya pun mudah, dan bahan-bahannya juga bisa didapatkan melalui berbagai toko.

Itulah mengapa banyak yang berjualan makanan ini. Patokan harga agar-agar dan puding juga masih bisa diberi Rp1.000,- saja.

Penjual dapat mencoba berbagai rasa agar anak-anak tertarik untuk membelinya. Jualan puding juga cocok di saat hari raya seperti Lebaran.

6. Aneka Keripik dan Kerupuk

Rasanya kurang afdol apabila sehari-hari tidak ditemani dengan kehadiran keripik dan kerupuk. Cemilan yang murah meriah ini juga dapat dijadikan potensi usaha makanan ringan serba 1000.

Ada berbagai jenis keripik/kerupuk yang bisa dibuat. Umumnya, keripik dan kerupuk ini dikemas dalam plastik mini dengan harga Rp1.000,-.

Bagi penjual yang sibuk juga dapat menitipkannya ke warung-warung terdekat. Berbagai keripik/kerupuk yang dijual seperti keripik bawang, pisang, dan lain-lain.

7. Cakwe

Yu char kway atau yang sering disebut cakwe, merupakan kue dari adonan tepung yang digoreng hingga kecoklatan. Makanan asal Tiongkok ini cukup dikenal di Indonesia, dan sudah menjadi salah satu makanan favorit bagi penduduk sekitar.

Cakwe berbentuk mini dapat diberi harga Rp1.000,- per biji, dan dapat dikreasikan. Bahan membuatnya pun tidak banyak dan sulit didapatkan. Cakwe dapat dijual dan dikonsumsi oleh berbagai kalangan masyarakat.

Demikian berbagai jenis makanan atau cemilan yang dapat menjadi peluang usaha makanan ringan serba 1000. Dengan harga yang murah, maka dagangan akan mudah mendapatkan pelanggan yang banyak. Tertarik mencoba jualan makanan serba 1000?