tips jualan online di whatsapp

Penggiat usaha yang baru memasarkan produk secara digital, perlu mengetahui tips jualan online di WhatsApp. Pasalnya aplikasi messenger di bawah naungan Meta tersebut, sudah memiliki ratusan juta pengguna di Indonesia.

Dalam berbisnis, WhatsApp juga menyediakan aplikasi khusus yaitu WhatsApp Business. Penjual akan dapat memanfaatkan fitur seperti profil usaha hingga pesan otomatis. Untuk  bagaimana cara berjualan di WA Business, simak berbagai tips berikut:

1. Tambahkan Foto dan Deskripsi Menarik

Salah satu fitur andalan pada WhatsApp Business, yaitu katalog yang bisa ditambahkan foto dan deskripsi. Fitur ini dapat dimanfaatkan penggiat usaha untuk menampilkan apa saja produk yang dijual.

Pengunjung jadi tidak perlu bertanya kembali. Agar pengunjung tertarik kepada produk yang dijual, penjual perlu memberikan foto dan deskripsi menarik.

Karena kualitas foto yang terbatas, maka foto dapat di edit dulu. Deskripsi juga perlu diisi jelas, serta bersifat mengajak.

2. Dapatkan Verified Badge pada Akun WhatsApp Business

Pada tips jualan online di WhatsApp berikutnya, penjual dapat mencoba mendapatkan centang hijau di akun bisnis. Gunanya verified badge atau centang hijau ini jangan disepelekan, yaitu sebagai penanda akun resmi oleh pihak WhatsApp.

Apabila akun WA Business mendapat centang ini, maka otomatis pengunjung menilai penjual sudah legal dan kredibel. Untuk mendapatkan verified ini, penjual harus mendaftarkan bisnis dulu pada Business Partner of WhatsApp. 

3. Manfaatkan WhatsApp Broadcast

Fitur lainnya pada WA Business yaitu WhatsApp Broadcast, di mana penjual dapat mengirim pesan siaran kepada banyak kontak. Meski demikian, banyak penjual yang belum paham bagaimana memanfaatkan fitur tersebut dengan baik.

Pasalnya, mengirimkan pesan siaran dapat beresiko kena blokir, apabila terlalu menekankan iklan. Sebab itu, penjual dapat memanfaatkan CTA (call-in-action) yang singkat saja. CTA dapat berupa ajakan untuk mengunjungi dan chat dengan penjual.

4. Buat Konten Marketing yang Unik

Tips jualan online di WhatsApp berikutnya, ada pada bagaimana bisnis dipasarkan. Untuk dapat melebarkan bisnis ke banyak pengguna WA, penjual perlu merencanakan marketing yang unik.

Salah satu upaya marketing yang cocok adalah story WA. Seperti Facebook dan Instagram, WhatsApp memiliki story yang bisa dilihat siapa saja.

Penjual dapat membuat story penawaran yang unik, namun jangan terlalu memaksa. Selain itu, story dapat diisi dengan konten menarik untuk pendekatan customer.

5. Tambahkan Pesan Follow-Up

Pesan follow-up merupakan pesan yang disampaikan setelah berbicara dengan pelanggan di WhatsApp Business. Jangan diabaikan tips jualan online di WhatsApp yang satu ini, karena dapat meningkatkan personal attachment pembeli kepada bisnis.

Pesan follow-up yang dapat disampaikan dapat berupa ucapan terima kasih, atau meminta ulasan kepada pelanggan. Penjual juga dapat berbicara dengan santai layaknya teman, sehingga membuat konsumen merasa lebih nyaman.

6. Gunakan Metode Pembayaran yang Simpel

Umumnya, banyak pengguna smartphone Indonesia yang mau serba praktis, termasuk metode pembayaran. Ditambah lagi dengan adanya pembayaran secara digital, orang tidak perlu mengunjungi bank untuk transfer.

Hal ini bisa dimanfaatkan penjual. Adapun metode pembayaran yang bisa dimanfaatkan seperti DANA, Flip, atau BukuWarung.

Penjual juga dapat memilih rekening bank digital sebagai sarana. Pelanggan yang ingin serba praktis, akan lebih memilih yang menyediakan kepraktisan.

7. Berikan Layanan yang Terbaik

Tips jualan online di WhatsApp yang terakhir adalah pelayanan yang perlu ditingkatkan. Pada akhirnya, semua usaha yang dijabarkan di atas tidak akan berarti, apabila tidak dilengkapi dengan layanan yang baik.

Penjual dapat melayani setiap pelanggan secara cepat (fast response), serta bertutur kata yang sopan. Penjual juga dapat memberikan janji berupa real-time update mengenai pengiriman barang, serta refund jika barang tidak sesuai permintaan.

Sekian berbagai tips jualan online di WhatsApp dengan WA Business yang wajib dikuasai penggiat usaha. Berjualan secara digital memang lebih mudah, dan juga hemat pengeluaran. Namun demikian, penjual harus ekstra kerja untuk sukses berbisnis.