kerja online untuk pelajar tanpa modal

Selama menempuh pendidikan, pelajar dapat mencari penghasilan tambahan sendiri. Saat ini ada banyak kerja online untuk pelajar tanpa modal, yang memberikan kesempatan memiliki penghasilan.

Selain itu, pekerjaan ini bisa diselingi aktivitas lainnya. Tidak semua pelajar dikaruniai keluarga yang kaya raya. Sebagian pelajar harus menjalani pendidikan sambil mencari uang.

Namun bagi pelajar yang memang tidak ingin bergantung kepada orang tua, biasa mencoba pekerjaan berikut:

1. Dropshipper

Belakangan ini dropshipper mulai dilirik oleh berbagai kalangan. Hal tersebut, dikarenakan dropshipper tidak membutuhkan modal awal layaknya reseller.

Tugas dari dropshipper hanya memasarkan barang supplier, lalu menghubunginya jika ada yang beli. Dropshipper merupakan salah satu pekerjaan yang fleksibel untuk pelajar, karena tidak harus selalu berfokus pada jualan.

Apabila selesai belajar, baru pelajar dapat memasarkan barang. Dropshipper akan mendapat komisi dari setiap barang yang laku.

2. Penulis Lepas

Freelance writer dapat menjadi pilihan kerja online untuk pelajar tanpa modal yang menjanjikan. Banyak website yang sedang membutuhkan jasa penulis untuk mengurus blog nya.

Penulis hanya perlu modal skill menulis, dan menjalankan aplikasi. Dalam pekerjaan menulis lepas ini juga banyak kategorinya.

Ada yang membutuhkan content writer, sedangkan ada juga yang memerlukan penulis SEO. Sebelum melamar, sebaiknya pelajar memahami dulu penulisan sesuai EYD V dan KBBI.

3. Penerjemah Lepas

Meski kehadiran Google Translate dapat membantu menerjemahkan bahasa, namun masih banyak orang yang memilih menggunakan translator. Hal tersebut, dikarenakan hasil terjemahan Google yang kurang akurat saat menerjemahkan kalimat. 

Pelajar yang bisa berbahasa asing dapat memanfaatkan ini sebagai ladang duit. Pelajar dapat mencari melalui forum atau media sosial, jika ada yang sedang membutuhkan translator. Jasa translator ini penghasilannya cukup besar.

4. Admin

Selain untuk berkomunikasi, media sosial juga dipakai sebagai pemasaran brand. Agar mengelola akun perusahaan, jasa admin akan dibutuhkan. Nantinya admin dapat berkomunikasi dengan pengunjung, atau membuat konten menarik.

Tergantung platform media sosial yang digunakan, kesempatan pekerjaannya pun berbeda-beda. Misalnya pada Facebook, pelajar dapat menjadi admin grup atau fanpage. Jika pada Twitter, pelajar dapat mencari slot admin Twitter giveaway.

Admin media sosial sangat cocok kerja online untuk pelajar tanpa modal. Pelajar juga dapat menyesuaikan jam kerja admin dengan urusan pendidikan. Selain admin media sosial, toko e-commerce juga kerap mencari orang yang dapat mengelola halaman.

5. Penyedia Jasa Titip

Masih banyak pengguna internet yang kurang paham bagaimana memesan produk di situs luar. Hal tersebut dapat dimanfaatkan pelajar untuk membuka jasa titip. Dengan jasa ini, pelajar dapat berperan sebagai pihak pembeli yang mau membeli barang.

Awalnya, pelajar akan membeli barang yang diinginkan pembeli terlebih dahulu. Setelah itu, barang dikirimkan kepada pembeli. Pelajar akan mendapat pembayaran yang sudah termasuk komisi jasa nya. Pekerjaan ini sangat leluasa, serta hemat waktu.

6. Pembuat Konten

Di kalangan anak muda, content creator merupakan pekerjaan yang berpotensi meraup pendapatan besar. Akan tetapi, umumnya YouTuber sudah mempersiapkan banyak perlengkapan dulu. Sebagian content creator bahkan sudah memiliki perangkat kelas atas.

Lantas, apakah ada kerja online untuk pelajar tanpa modal sebagai content creator? Pelajar masih bisa membuat konten seperti TikTok atau Snapchat yang menarik. Nantinya, pelajar akan mendapat kesempatan untuk mendapat bayaran tiap videonya.

7. Jasa Tutor

Terakhir, pelajar dapat mencoba menjadi penyedia jasa tutor atau bimbingan belajar. Pelajar dapat menentukan kemampuan pribadi mana yang bisa diajarkan kepada orang lain. Misalnya cara memasak, membuat coding, hingga berbahasa Inggris.

Apabila tidak mau bekerja sebagai tutor, maka pelajar juga bisa membuat kursus online sendiri. Tinggal tentukan bagaimana sistem mengajarnya, dan cari orang yang mau membutuhkan kursus tersebut. 

Itu dia macam-macam kerja online untuk pelajar tanpa modal yang bisa dicoba. Semua pekerjaan di atas masih tersedia dan banyak potensi penghasilannya. Pelajar tinggal perlu menyesuaikan jam kerja dengan aktivitas belajar.