Memperbandingkan logika dengan realita ternyata sangat ampuh untuk mensugesti pikiran orang lain. Tak melihat dia orang yang lebih berilmu atau orang yang terhormat sekalipun jika logika sesuai dengan realita sangat mudah mengubah mindset seseorang untuk mengikuti apa yang kita paparkan. 

Ucapan yang berdasarkan logika lebih mudah masuk ke dalam pikiran seseorang, maka sekali saja sudah masuk ucapan selanjutnya akan dianggap valid semuanya, sekalipun ucapan itu terdapat kekeliruan. 
Sugesti bisa diberikan dengan cara halus, bisa juga diberikan secara paksa dengan mengulang-ulang ucapan hingga orang lain jenuh dengan ucapan itu sehingga terpaksa memvalidkan ucapan itu. 
Atensi adalah salah satu media untuk memasukkan sugesti secara halus. Penerimaan informasi baru akan menjadi sugesti yang baru. Ketika mendapat informasi untuk kedua kalinya, pikiran akan memvalidasi dengan informasi pertama yang dianggap valid. 
Ketidaktahuan kita bisa menjadi kerugian dalam segala hal, namun mempunyai pikiran yang terbuka akan menjadi media untuk mengubah kerugian menjadi keuntungan yang jauh lebih tinggi nilainya. 
~Coretan Pena Online