Kaligrafi Subhanallah


masnasih.com
 – Tulisan Arab Subhanallah biasa sering tertukar dengan Masya Allah. Biasanya orang mengucapkan subhanallah ketika melihat hal yang indah, padahal sebenarnya yang benar adalah mengucapkan Masya Allah. Dan juga Masya Allah sering diungkapkan ketika melihat sesuatu yang kurang sesuai, padahal sebenarnya yang harus diucapkan adalah subhanallah. Maka dari itu disini ada beberapa hal yang akan saya sampaikan terkait tulisan subhanallah.

Tulisan Arab Subhanallah dan Artinya

Subhanallah Artinya

Tulisan Arab Subhanallah diungkapkan ketika mendengar atau melihat hal tidak baik/buruk/jelek, ucapannya adalah “Subhanallah” artinya Maha Suci Allah untuk menyatakan bahwa Allah Maha Suci dari keburukan yang dilihat. Di dalam Alquran, ucapan Subhanallah digunakan untuk menyucikan Allah dari sesuatu yang tidak pantas (hal tidak baik).

Hadits Tentang Subhanallah

Pertama, Abu Hurairah suatu ketika bertemu dengan Rasulullah SAW. dalam kondisi berjunub. Kemudian Abu Hurairah pergi untuk mandi tanpa pamit terlebih dulu. Setelah kembali, Rasulullah SAW bertanya, kenapa kamu tadi pergi. Abu Hurairah menjawab, “Saya junub, dan Saya tidak suka duduk bersamamu saat keadaan tidak suci.” Kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

{سُبْحَانَ اللَّهِ إِنَّ الْمُسْلِمَ لاَ يَنْجُسُ}
{Subhanallah, sesungguhnya. muslim itu tidak najis.} (HR. Bukhari 279)

Kedua, ada seorang wanita yang mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan menanyakan gimana caranya membersihkan bekas darah haid setelah suci. Rasulullah menyarankan, “Ambillah kapas yang dikasih minyak wangi dan bersihkan.”

Wanita ini bertanya lagi, “Terus gimana cara membersihkannya.”

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam merasa malu untuk menjawab dengan gamblang, sehingga beliau cuma mengatakan,

{سُبْحَانَ اللَّهِ تَطَهَّرِى بِهَا}
“Subhanallah., ya kamu bersihkan. memakai kapas itu.”

Aisyah memahami maksud Nabi SAW, Aisyah langsung menarik wanita itu dan mengajari cara membersihkan darah haid. (HR. Bukhari 314 & Muslim 774)

Jawaban Subhanallah

Sepengetahuan saya sepertinya tidak ada jawaban ucapan dari subhanallah. Dari dulu saya belajar agama di TPQ, sampai di Perguruan tinggi Islam dan di forum pengajian belum pernah dengar ada jawaban dari ucapan subhanallah.

Perbedaan Subhanallah dan Astaghfirullah

Subhanallah untuk menyucikan dzat Allah Sedangkan Tulisan Arab Istighfar (إستغفار, latin Istiġfār) atau Tulisan Arab Astaghfirullah (أستغفر الله‎ Latinʾastaġfiru l-lāh) merupakan perbuatan meminta maaf atau memohon ampunan kepada Allah SWT atas perbuatan salah yang dilakukan oleh umat Islam. Ucapan ini sangat dianjurkan dan penting dalam ajaran Islam.

Subhanallah dan Masya Allah Sering Tertukar

Subhanallah yang artinya Maha suci Allah, sebenarnya diucapkan saat melihat/mendengar keburukan ataupun hal tidak baik. Sedangkan, Masya Allah maknanya semua itu terjadi atas kehendak dari Allah atau ketika melihat sesuatu yang indah atau merasa kagum.

Tulisan Arab Subhanallah

Tulisan ini bisa digunakan untuk belajar kaligrafi arab khot naskhi. Sangat Simpel
سُبْحَانَ اللَّهِ

Subhanallah Arab

Kalau yang ini untuk disimpan dan bisa digunakan untuk belajar dan digunakan untuk anak kecil belajar asmaul khusna. Karena dengan tulisan berwarna biasanya anak kecil suka.
arti tasbih
Demikian Tulisan Arab Subhanallah dan Artinya. Semoga Bermanfaat.

Baca Juga :