ألا بذكر الله تطمئن القلوب artinya

masnasih.com -Masya Allah. Sungguh indah kekuasaan Allah. Hati yang gelisah menjadi tentram, hati yang marah menjadi adem, hati yang benci menjadi rindu. Semua adalah kekuasaan Allah SWT. ‘Ala Bidzikrillahi Tathmainnul Qulub, Hanya dengan mengingat Allah, hati akan merasa tentram.

الا بذكر الله تطمئن القلوب Artinya

Berikut penjelasan tentang tulisan Arab ala bidzikrillahi tathmainnul qulub. 

Tulisan Arab Ala Bidzikrillahi Tathmainnul Qulub

Mengutip munirul-khikam.blogspot.com, Allah SWT berfirman:

ألا بذكر الله تطمئن القلوب

“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tenteram.” (QS. Al Ra’du: 28)

Pendapat Imam Muchammad Ibnu Ali Al Syaukani

Imam Muchammad Ibnu Ali Al Syaukani menjelaskan bahwa ketenangan dan ketenteraman hati orang-orang yang beriman adalah dengan cara berdzikir kepada Allah SWT. dengan lisan mereka misalnya membaca dan/atau mendengarkannya Alquran, tasbih, tahmid dan takbir. Allah menyebut Alquran sebagai dzikir: “Dan Alquran ini adalah dzikir (kitab) yang mempunyai berkah yang telah kami turunkan”. (QS. Al Anbiya’:50) Dalam ayat lain juga disebutkan: “Sesungguhnya Kami lah yang menurunkan dzikir (Alquran), dan sesungguhnya kami benar-benar memeliharanya”. (QS. Al Hijr: 9)

Pendapat Tentang Ketenangan dan Ketentraman

Ada beberapa pendapat terkait dengan ketenangan dan ketentraman yang dimaksud dari ayat di atas :

  1. Imam Al Zujaj menjelaskan bahwa ketenangan dan ketenteraman hati orang2 mu’min bisa didapatkan dengan cara berdzikir kepada Allah SWT dan meng-EsakanNya tanpa ada keraguan sedikitpun. 
  2. Ketenangan dan ketenteraman hati orang2 mu’min adalah dengan meng-Esakan Allah. 
  3. Maksud dari dzikir adalah mengaplikasikan keta’atan. 
  4. Ketenangan dan ketenteraman hati orang-orang mu’min adalah dengan mengingat janji Allah. 
  5. Ketenangan dan ketenteraman hati orang-orang mu’min adalah dengan bersumpah atas nama Allah. Ketika ia bersumpah atas nama Allah, maka ia akan mampu mengalahkan musuh-musuhnya (setan) dengan pertolongan Allah. Maka pada saat itu hatinya akan tenang dan tenteram. 
  6. Ketenangan dan ketenteraman hati orang-orang mu’min adalah dengan mengingat kasih sayang Allah. 
  7. Mengingat hal-hal yang menunjukkan akan ke-esaan Allah.

Imam Al Zujaj menjelaskan, kata: “ألا” adalah huruf tanbih dan huruf ibtida’. Sedang maksud “القلوب” adalah hati orang2 mu’min. Sebab orang2 kafir tidak akan pernah mendapatkan ketenangan hati.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa dengan mengingat Allah hati kita akan merasa tentram. Seringkali kita tidak menyadari setiap kali kita mendapatkan masalah, pasti ingat pada Allah. Kita juga berdoa meminta kemudahan dari Allah SWT. Hal tersebut menandakan bahwa sebenarnya Allah lah tempat kita bergantung. Hanya Allah lah yang mampu menenangkan hati yang gelisah. Wallahu A’lam.

Demikianlah artikel tentang  الا بذكر الله تطمئن القلوب Artinya. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Tulisan Arab Allahumma Sholli Wasallim Wabarik Alaih