masnasih.com – Supplier saya ibaratkan sebagai bahan bakar dan usaha jualan kita adalah motornya. Bahan bakar tidak ada maka motor tidak akan jalan, begitu pula dengan jualan online, tidak ada suppliernya maka tidak akan jalan. Bahan bakar yang bagus akan membuat motor awet dan nyaman digunakan, bahan bakar yang kurang bagus motor gampang mogok dan cepet ngos-ngosan. Begitu juga dengan usaha, supplier yang pelayanannya bagus jualan kita lancar jaya, supplier yang sering bermasalah bisa bikin jualan kita kacau balau. Maka dari itu artikel ini akan memberikan gambaran agar Sobat tidak salah dalam memilh supplier. 

Cara Mencari Suplier Termurah dan Bonafit untuk Jualan Online

Sebenarnya dalam usaha, kita tidak perlu merisaukan tentang harga terlebih dahulu, karena sebenarnya harga hanyalah nominal saja dan kita bisa mengaturnya sehingga profit kita bisa tetap sesuai dengan yang diinginkan. Yang paling utama adalah supplier yang bonafit dan barang yang berkualitas tinggi. Supplier yang bonafit akan memperlancar proses arus barang untuk sampai ke konsumen dan kualitas barang menimbulkan kepuasan konsumen. Jadi, 2 hal ini yang harus dipegang dulu.
Lalu bagaimana kalau nanti dagangannya tidak laku?
Lho, belum mulai sudah bilang tidak laku. Jangan berpikir terlalu jauh, nanti malah tidak jadi jualan. Mulai saja dulu dan nanti akan tahu hasilnya, Oke?
By The Way, Sepertinya saya harus menyampaikan materi yang satu ini (Mindset Pedagang) Nanti saya buatkan artikelnya kalau sempat. Doakan saja semoga dikasih kesempatan dan bisa menulis materi itu.
Untuk mencari mencari supplier yang bonafit dan produknya berkualitas itu tidak gampang. Tapi ada beberapa cara mudah yang bisa sobat lakukan untuk mencarinya, diantaranya sebagai berikut.

1. Supplier dari kalangan orang terdekat

Cara ini sangat coocok bagi Sobat yang masih baru ingin memulai jualan online -terutama yang belum mempunyai modal banyak. Orang terdekat yang dimaksud bisa berupa saudara, teman, atau orang tua sendiri. Supplier dari kalangan orang terdekat memberikan beberapa kelebihan diantaranya, kita bisa lebih mudah berkompromi tentang harga produk dan atau kita bisa mengambil barang tanpa harus membayar dulu misalnya.

2. Pasar yang jaraknya dekat dengan rumah

Jika ternyata Sobat tidak bisa mencari supplier dari orang terdekat, maka pasar adalah pilihan kedua yang patut dipertimbangkan. Jika Sobat berpikir untuk mencari supplier secara online, maka saran saya janganlah terlalu manja untuk membangun pondasi suatu usaha. Kita ingin membangun usaha, maka kita harus memastikan dulu pondasinya. Dengan berkenalan dengan suppliernya dan melihat barangnya secara langsung maka kita bisa memastikan kualitas dari pondasi usaha yang ingin dibangun. 

3. Supplier Online yang masih sekota

Seandainya ternyata tidak bisa mendapatkan supplier secara offline, maka supplier online pun jadi. Namun saya sarankan untuk mencari supplier yang jaraknya masih dekat dengan tempat tinggal Sobat. Supplier yang dekat akan lebih memudahkan kita dalam mendistribusikan barang ke pelanggan kita nantinya. Disamping kita bisa cek ke lokasi, juga bisa memastikan barang terlebih dahulu sebelum dikirim ke pembeli. 

4. Jalan-jalan ke stand pameran produk

Biasanya di sebuah kota ada yang namanya program acara pameran produk. Di pameran itu tentunya akan ada banyak pengusaha yang menjadi peserta pameran karena menginginkan brand dan produknya dikenal oleh masyarakat luas. Nah, Sobat bisa memanfaatkan momen ini untuk mencari supplier yang tentu bisa dikatakan bonafit. Bagaimana tidak, dia rela mengeluarkan banyak uang untuk mengenalkan produknya melalui pameran. Dan perlu Sobat ketahui, menyewa stand di pameran itu biayanya jutaan rupiah, bahkan puluhan juta rupiah. Tentu produk yang di pamerkan pun kualitasnya tak perlu diragukan lagi. 

5. Bermain ke tempat produksi langsung

Kalau Sobat belum punya modal yang banyak mungkin tempat produksi hanya bisa dijadikan tempat bermain sambil cek perkembangan trend produk dan harga pasarannya. Karena biasanya tempat produksi hanya menerima orderan dalam jumlah banyak. Misalnya dalam produk celana, maka harus order minimal 5 lusin atau lebih. Mereka juga sudah punya langganan sendiri yaitu para distributor yang modalnya sudah banyak. Tempat produksi bisa kita jadikan alternatif saat kita sudah mempunyai modal yang cukup untuk membeli produk dengan harga lebih murah dibanding jika kita membelinya di distributor.
Pada intinya dalam mencari supplier, sebisa mungkin kita utamakan yang dekat dengan tempat usaha. Kita bisa lebih mudah berhubungan langsung dengan bosnya secara langsung dan barang bisa kita cek untuk memastikan barang berkualitas bagus dan siap dikirim ke customer. 
Murah itu relatif dan tidak selalu berpatokan pada nominal uang. Yang paling utama dan harus di utamakan adalah kualitas barang. Jika barang bagus maka nominal besar pun akan tetap tergolong murah. 
Jika Sobat masih bingung mencari supplier, tenang saja, saya sudah sediakan produk celana jeans yang siap dipromosikan dengan margin/keuntungan 20-40 Ribu rupiah per produk. 
Materi selanjutnya saya akan menyampaikan materi tentang peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk memaksimalkan promosi produk jualan kita. Ikuti terus materinya.