Jualan di Marketplace Facebook

masnasih.com – Salah satu kendala dalam memulai usaha adalah modal. Jika modal adalah hal utama yang wajib diadakan, tentu akan menjadi penghambat kita dalam memulai usaha. Artikel ini akan memandu Sobat untuk tidak memikirkan modal, tapi langsung praktek agar bisa langsung menghasilkan karena modalnya pasti sudah punya semua. Apa modalnya? Akan saya sampaikan disini.

Cara Jualan di Marketplace Facebook Untung Ratusan Ribu Perhari

Seperti judulnya mari kita mulai pembahasannya yaitu jualan online di facebook marketplace agar laris manis. Jadi ada beberapa langkah untuk mendapatkan uang ratusan ribu perhari melalui marketplace fb.

  1. Mencari Supplier yang Bonafit. Suplier sangat menentukan kelancaran usaha kita. Jika ia bonafit maka usaha kita akan lancar. Supplier yang stok produknya banyak, pengiriman yang cepat, dan mempunyai produk yang berkualitas serta harga yang bersahabat perlu kita utamakan karena berkaitan juga dengan pelayanan kita terhadap pelanggan. 
  2. Mempersiapkan peralatan Jualan. Dalam hal ini modal yang kita butuhkan adalah akun facebook yang sudah ada marketplacenya, Smartphone / PC, Foto Produk, Aplikasi edit Foto.
  3. Riset Produk yang Laris. Sebelum kita jualan tentu harus mengetahui dulu barang apa yang sedang atau selalu dicari oleh orang. Kita bisa riset menggunakan facebook, atau alat analisa lain yang juga menyediakan sarana untuk melihat produk yang laris. Contohnya Google Trends, Shopee, Tokopedia,  dan marketplace lainnya.
  4. Edit Foto Produk yang Menarik. Foto adalah hal yang pertama kali dilihat oleh calon pembeli. Foto yang menarik akan memberikan kesan bagus di awal. Foto yang menarik juga mungkin sangat menentukan daya tarik calon pembeli untuk mengetahui lebih lanjut. Berbeda dengan foto yang biasa aja, tentu orang yang melihat tidak akan tertarik untuk membeli.
  5. Membuat Deskripsi Produk yang Lengkap. Deskripsi Produk adalah gambaran detail dari produk yang mempermudah calon pembeli untuk mengetahui apakah barang yang kita jual sesuai dengan yang mereka inginkan atau tidak. 
  6. Mempersiapkan List Target Market yang tepat. Ini sangat penting untuk dilakukan karena jika kita tidak mempersiapkan targer pasar yang tepat maka kita akan salah sasaran dalam jualan. Jika seharusnya kita memposting di daerah yang ramai justru kita memposting di daerah yang sepi. Jualan pun tidak laku.
  7. Memposting Produk di Marketplace Facebook. Jika kita sudah mempersiapkan semuanya maka tak usah berlama-lama, langsung saja posting produknya di marketplace fb agar bisa langsung praktek jualan onlinenya. Posting produknya dengan harga yang sesuai, lokasi yang tepat, kategori yang pas, deskripsi yang jelas, dan jangan lupa untuk dipublikasikan agar tampil di marketplace fb.
  8. Membalas Chat yang Masuk. Memposting produk dengan benar akan mendapatkan chat dari calon pembeli karena produk kita tampil di tempat yang pas sesuai dengan yang mereka inginkan. Membalas chat dengan respon yang cepat akan lebih disukai calon pembeli dibandingkan dengan respon yang lambat. Ingat, waktu adalah uang. Melayani calon konsumen secara baik peluang mendapatkan orderannya semakin besar.
  9. Mempersiapkan Barang yang Sesuai atau Lapang Dada. Jika ternyata calon pembeli memutuskan untuk membeli, maka persiapkan barang yang sesuai seperti yang mereka pilih, jangan sampai berbeda dengan barang yang dipilih karena kesalahan akan menimbulkan kekecewaan. Tapi jika ternyata calon pembeli memutuskan untuk tidak membeli, berikan kesan baik dalam chat terakhir, Bisa Sisipkan juga kalimat ajakan untuk membeli produk yang kita tawarkan di lain kesempatan.
  10. Mengirimkan dengan Jasa Pengiriman yang Cepat. Pengiriman yang cepat akan membuat pembeli puas. Karena kembali lagi, waktu adalah uang. Kita bisa mensiasati dengan melebihkan waktu estimasi pengiriman. Jika data di jasa pengiriman 3 hari, maka kita bisa mengatakan kepada pembeli 4 hari. Hal ini untuk memperkecil risiko keterlambatan pengiriman barang.
  11. Evaluasi Produk dan Service. Setelah melakukan langkah-langkah di atas maka langkah terakhir adalah mengevaluasi performa produk dan pelayanan kita selama usaha di jalankan. Kita bisa menilai sendiri apakah produknya sudah sesuai atau belum, pelayanannya sudah bagus atau belum. Catatlah semua kekurangan dan kelebihannya untuk dievaluasi dan dijadikan pertimbangan untuk melakukan langkah ke depannya agar bisa lebih baik lagi.
Dengan 11 Langkah tersebut Anda akan lebih mudah jualan dan untung ratusan ribu per hari. Pemaparan tersebut tentunya masih baru kulitnya saja. Saya akan menjelaskan detailnya bagaimana di artikel selanjutnya di kesempatan yang berbeda. Doakan saya agar bisa melanjutkan menulis materi ini sampai selesai. Aamiin..
Namun, materi yang akan saya sampaikan tidaklah akan menjadi kesuksesan jika tidak dipraktekkan. Silakan Sobat bisa praktikkan dulu sembari menunggu materi selengkapnya. setidaknya Anda akan lebih paham jika sudah praktik.