masnasih.com – GPN singkatan dari gerbang pembayaran nasional adalah sebuah alternative baru yang dirancang oleh Bank Indonesia (BI) untuk memfasilitasi nasabah dalam bertransaksi non tunai. Kartu GPN adalah kartu debit yang dapat digunakan untuk transaksi non tunai, seperti halnya kartu e-toll. Jadi dengan menggunakan GPN ini kita bisa melakukan pembayaran di supermarket hanya dengan menggunakan kartu debit (ATM).

Cara Membuat Kartu Debit GPN dan Keuntungannya

Cara mendapatkan kartu ATM GPN sangat mudah yaitu dengan menukarkan kartu debit Anda di Bank tempat Anda menabung. Untuk syaratnya Anda perlu menyiapkan KTP, Buku tabungan, dan kartu ATM yang masih Aktif. Jika Anda menggunakan Bank BUMN maka sudah dipastikan menyediakan kartu GPN. Tetapi untuk bank swasta kemungkinan belum menyediakan kartu ini.

Kegunaan Kartu GPN

Saat ini GPN hanya bisa digunakan untuk transaksi di dalam negeri atau di Indonesia saja, Sedangkan di luar negeri belum bisa menggunakan kartu ini. Namun Anda masih bisa menggunakan kartu yang bertanda visa ataupun mastercard untuk bertransaksi di luar negeri.

Apa bedanya kartu GPN dengan kartu atm biasa?

Kartu GPN ada logo garudanya dan bisa digunakan untuk transaksi non tunai, sedangkan kartu atm biasa tidak ada fitur tersebut. Jadi sekarang kartu debit bisa digunakan untuk belanja secara langsung tanpa harus mengambil uang di atm.

Demikianlah Artikel tentang Penjelasan Singkatan Kartu Debit GPN dan Keuntungannya yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat


Baca Artikel Bisnis Lainnya.