Gambar ilurstrasi maju dan berkembang

masnasih.com – Pertumbuhan pada setiap wilayah negara berbeda-beda. Negara yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan cepat, akan tumbuh menjadi negara maju. Sedangkan, negara yang kemampuannya dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi lebih lambat, akan tumbuh menjadi negara berkembang karena masih terus mengalami perkembangan.

Pola Wilayah Negara Maju dan Negara Berkembang 

Ciri-ciri negara maju dan negara berkembang

Kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki oleh kelompok manusia berbeda-beda. Ada kelompok manusia yang memiliki pengetahuan dan kemampuan mengembangkan teknologi yang sudah tinggi. Adapula kelompok manusia yang kemampuan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya masih sederhana, bahkan terbatas. Kelompok manusia yang memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang tinggi dapat memanfaatkan kekayaan alam secara lebih intensif. Sementara itu, kelompok manusia yang hanya memiliki penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terbatas tentu saja memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan sumber daya alamnya. Semakin tinggi penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, akan semakin tinggi pula kemampuan mengelola sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan hidup manusia.

Adanya perbedaan tingkat penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi inilah yang memunculkan istilah negara maju, negara berkembang, dan negara belum berkembang.

Beberapa negara maju di dunia

  1. Amerika Serikat dan Kanada
  2. Inggris Raya (United Kingdom)
  3. Jerman

Beberapa negara berkembang di dunia

  1. Cina
  2. Brasil
  3. Nigeria

Model pengembangan wilayah di negara maju dan berkembang

  1. Pengembangan wilayah di negara maju
  2. Pengembangan wilayah di negara berkembang

Usaha pengembangan wilayah Indonesia

  1. Penyediaan pelayaran
  2. Penyediaan penerbangan

Upaya lainnya yang juga dilakukan dalam kaitan pengembangan wilayah adalah penetapan master plan pengembangan wilayah mulai dari tingkat pusat hingga daerah, misalnya rencana tata ruang wilayah (RTRW) serta adanya peraturan membuat bangunan. Ketika penduduk ingin membangun rumah atau bangunan-bangunan untuk kepentingan tertentu, mereka harus mengajukan izin membangun yang disebut izin membangun bangunan (IMB).

Bentuk pengembangan wilayah juga dilakukan berdasarkan pendekatan-pendekatan khusus. Misalnya, pengembangan wilayah perkotaan, pengembangan wilayah pedesaan, wilayah atau daerah aliran sungai (DAS), pusat-pusat pertumbuhan, atau wilayah agropolitan.

Setelah mempelajari artikel ini, tentu kamu telah mampu membedakan ciri negara maju dan negara berkembang. Kamu juga sudah mampu menganalisis model perkembangan wilayah di negara maju dan negara bekembang.

Baca Artikel Pendidikan Lainnya.