Kewajiban Hamba Kepada Tuhannya


masnasih.com – Allah telah berfirman : bukanlah kebaikan itu menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat, tetapi yang dinamakan kebaikan itu adalah orang yang percaya kepada Allah, hari akhir, Malaikat, kitab, dan para nabi.
Dari ayat ini kita mengetahui manusia harus melaksanakan kewajiban kepada Tuhannya. Hal itu dengan cara sebagai berikut :

Iman kepada Allah

Iman kepada Allah yaitu manusia harus percaya dengan keesaan Allah, dan kekuasaan-Nya, dan semua sifat-sifatnya, mempercayai dengan keputusan dan takdir-Nya, kemudian mentaati dan mensyukuri terhadap nikmat-Nya.

Allah ta’ala berfirman : Mereka tidak menyembah kecuali kepada Tuhan Yang Maha Esa, tidak ada Tuhan selain Dia. Maha Suci Allah dari apa mereka sekutukan (S.Q. At-Taubah Ayat 13).
Alquran telah memberikan contoh bahwa sesungguhnya menyekutukan terhadap Allah adalah suatu kedholiman yang besar, Allah berfirman : “Sesungguhnya syirik itu benar-benar suatu kedholiman yang besar (Q.S. Lukman : 13).

Iman kepada hari akhir

Yaitu manusia harus percaya bahwa sesungguhnya disana ada suatu hari yang mana manusia dibangkitkan setelah kematiannya dan dihitung amal-amal perbuatannya. Firman Allah SWT : Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati; semuanya itu akan dimintai pertanggungjawabannya.
Sesungguhnya iman dengan hari kebangkitan dan hari perhitungan amal menjadikan manusia menjauhi perkara yang jelek dan cinta terhadap kebaikan.

Iman kepada Malaikat

Yaitu manusia harus percaya bahwa disana ada malaikat-malaikat, mereka adalah hamba-hamba Allah yang dimuliakan, tidak menentang kepada Allah terhadap apa yang telah diperintahkannya dan melaksanakan apa-apa yang telah diperintahkannya.

(Dan mereka berkata : Tuhan Yang Maha pemurah telah mengambil/mempunyai anak, Maha Suci Allah, Sebenarnya malaikat-malaikat itu adalah hamba-hamba yang dimuliakan (Q.S. Al-Anbiya’ : 76)

Percaya kepada kitab

Yaitu manusia harus percaya dengan kitab-kitab yang diturunkan kepada para nabi, dan percaya bahwa sesungguhnya kitab itu dari sisi Allah. Allah telah menurunkan Kitab Taurat kepada Nabi Musa a.s, Kitab Zabur kepada Nabi Daud a.s, Kitab Injil kepada Nabi Isa a.s, dan Kitab Alquran kepada Nabi Muhammad SAW.
Allah berfirman : “Dan menurunkan taurat dan injil sebelum menjadi petunjuk bagi manusia dan Dia menurunkan Al Furqan …. (Q.S. Ali Imran :3-4)

Dan kami memberikan Zabur kepada daud (Q.S. An-Nisa : 73)
Sesungguhnya ini benar-benar terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu yaitu kitab-kitab Ibrahim dan musa (Q.S. Al-A’la : 18-19)

Percaya kepada Para Nabi

Yaitu manusia harus percaya bahwa Allah telah mengutus Para Nabi dan Para Rasul kepada manusia untuk menunjukkan mereka ke jalan yang lurus.
Firman Allah, “Dan sesungguh telah kami utus beberapa rasul sebelum kamu (Muhammad) diantara mereka ada pula yang tidak kami beritakan kepadamu (Q.S. Al-Mu’minun : 78)
Para Rasul membawa berita gembira dan memberi peringatan agar supaya tidak ada alasan (Hujjah) bagi manusia bagi manusia membutuhkan Allah, setelah diutusnya Rasul-Rasul itu. Dan Allah Maha Perkasa Lagi Maha Bijaksana. (Q.S. An-Nisa :165).
Demikianlah Artikel tentang Kewajiban Manusia Terhadap Tuhannya. Semoga bermanfaat.
Baca Artikel Religi Lainnya.