Efek Mengkonsumsi Kopi di pagi Hari

masnasih.com – Kortisol sebenarnya sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia namun apa jadinya jika kortisol diproduksi terlalu banyak hingga membuat kadarnya menjadi lebih tinggi, tentu akan dapat menyebabkan peningkatan gula darah yang akhirnya akan mengarah pada produksi hormon insulin.

Kelebihan kortisol juga memiliki dampak yang negatif bagi kesehatan dan dapat memambah berat badan, masa tidur hingga respon imun yang terganggu.

Dampak Negatif Minum Kopi Saat Perut Kosong di Pagi Hari

Efek Minum Kopi di Pagi Hari

Kopi dinilai mampu menaikkan kadar kortisol dan pada saat pagi hari kadar kortisol di dalam tubuh sedang berada di kadar tertinggi, sehingga meminum kopi di pagi hari bukanlah hal yang bagus bagi kesehatan. Untuk waktu terbaik minum kopi adalah di antara jam 9 pagi ke atas, pada saat kadar kortisol mulai menurun.


Selain itu minum kopi di pagi hari saat perut masih dalam keadaan kosong juga dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan usus, sebuah penelitian menyebutkan tentang kopi yang mampu mempengaruhi mikroba di dalam usus.

Sehingga di sarankan sebelum mengkonsumsi kopi sebaiknya jangan di saat perut dalam keadaan kosong dan makanlah sesuatu agar kaya kalsium sehingga dapat membantu menetralkan keasaman kopi di asam lambung, kopi dingin juga memiliki kadar asam 70% lebih rendah jika dibandingakn dengan kopi panas.

Meskipun kopi nikmat dan dinilai memiliki banyak manfaat juga bagi kesehatan namun ingat ya, jika terlalu banyak minun kopi justru akan dapat mengancam kesehatan.

Efek Kesehatan Jika Berlebihan Minum Kopi

Siapa yang tidak suka minum kopi? Pasti banyak di antara kamu yang sangat hobi mengkonsumsi kopi. Kopi dianggap menjadi salah satu minuman yang mampu membangkitkan energi dan semangat. Sehingga tak heran jika konsumsi dipilih oleh banyak orang untuk meningkatkan semangat terutama pada saat sedang bekerja.

Karena minuman satu ini selain mudah didapatkan kopi juga dianggap mampu menghinlangkan rasa kantuk dan meningkatkan konsentrasi lebih tajam, sehingga tak jarang banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak untuk mendapatkan efeknya.

Tak sedikit orang akan mengkonsumsi kopi di pagi hari pada saat setelah sarapan untuk meningkatkan semangatnya, selain itu di malam hari kopi juga dipilih untuk sebagai teman terjaga pada saat masih banyak pekerjaan atau tugas yang harus diselesaikan hingga larut malam.

Sehingga tak jarang seseorang dapat mengkonsumsi kopi lebih dari satu kali dalam sehari.

Meskipun selama ini kopi dikenal memiliki banyak sekali manfaat namun rupanya terlalu banyak mengkonsumsi kopi juga tak baik loh bagi kesehatan. Karena pastinya sudah bukan rahasia lagi jika sesuatu yang berlebihan memang tidak pernah baik, begitu juga dengan terlalu banyak mengkonsumsi kopi dalam satu hari.

Hal ini telah dijelaskan oleh ahli kesehatan perempuan yakni Jennifer Wider, M.D. yang memberikan pernyataan dalam Women’s Health jika secara umum kafein dapat menstimulasi sistem saraf pusat sehingga membuatnya akan terbangun dan waspada. Kopi juga dinilai dapat merangsang pelepasan hormone adrenalin sehingga akan dapat membuat detak jantung menjadi lebih meningkat.

Efek Buruk Kelebihan Kafein

Sebenarnya mengkonsumsi kopi memang dapat memberikan banyak manfaat asal tidak dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dan hanya mengkonsumsi kopi dengan kadar secukupnya saja setiap harinya.

Akan tetapi apabila kopi dengan kafein tinggi diminum terlalu banyak maka akan dapat membuat tubuh hyper sehingga dapat menimbulkan rasa panik berlebihan yang juga ditambah dengan rasa cemas dan rasa gelisah yang tidak wajar.

Maka sebaiknya seseorang hanya boleh mengkonsumsi kopi dalam kadar secukupnya dan tidak lebih dari 400 miligram perhari.

Akan tetapi setiap orang tentu memiliki toleransi yang berbeda beda terhadap konsumsi kafein setiap harinya, maka sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan tubuh dikarenakan meski minuman satu ini enak dan mampu menambahkan semangat namun jika diminum dalam jumlah banyak maka kopi tak akan pernah baik bagi kesehatan kita.

Demikianlah Efek Minum Kopi di Pagi Hari. Semoga Bermanfaat.
Website Penulis : https://www.sepwal.net
Baca Artikel Inspiration Lainnya.