Template blog blogger Terbaik 2019

masnasih.com – Bagi seorang Blogger, pasti membutuhkan template terbaik dan terupdate, karena mengingat algoritma google sudah berubah dan semakin gila. Para Blogger dituntut untuk membuat desain blog yang dapat membuat nyaman usernya atau dalam istilah lain adalah template yang user friendly.

Ciri-Ciri Template Blogger Terbaik 2019

Sesuai dengan visi google yaitu menyediakan informasi yang relevan bagi penggunanya, dan user tidak menginginkan sebuah pernak-pernik mewah dari sebuah blog, melainkan kenyamanan yang mereka utamakan.

Untuk menggunakan template blog terbaik 2019 tentunya ada bisa memilih salah satu diantara dua pilihan yaitu meredesain template yang sudah Anda pakai, atau membeli/mencari template yang sudah sesuai dengan algoritma google terkini.

Anda bisa menggunakan template saya ataupun Anda bisa membeli atau mencari gratisan yang lain. Saya tidak ingin membahas tentang template apa yang harus Anda pakai, akan tetapi saya hanya ingin menyampikan ciri-ciri template terbaik 2019.

Berikut adalah ciri-ciri template terbaik 2019.

Desain Sederhana

Template dengan tampilan yang sederhana akan membuat user nyaman. Dalam bahasa kerennya istilah ini disebut dengan user experience (UX). Faktor UX adalah sangat penting karena UX sendiri adalah membahas tentang bagaimana cara membuat desain template yang nyaman dan mudah digunakan oleh user (pengguna).

Valid Struktur Data

Struktur Data template yang valid akan mempermudah bot google men-crawl halaman blog. Struktur data yang tidak valid akan berdampak pada sulitnya blog terindeks di google karena bot google kesulitan untuk membaca konten blog. Jika kita menggunakan google search console, maka kita akan mendapati pemberitahuan error pada laman struktur data.

Heading

Penggunaan heading pada template juga diperlukan. Ini bukan ketentuan baru, tapi memang sudah dari dulu google merayapi laman blog dengan membaca heading yang digunakan. Google membaca laman dari H1, H2, H3, dst.

H1 dianggap sebagai kata yang paling penting, maka penggunaan H1 diletakkan pada judul blog dan H2 untuk daftar judul postingan (jika berada di homepage), dan jika di halaman postingan, maka H1 diletakkan pada judul artikel dan H3 diletakkan di judul blog.

Saya sendiri tidak terlalu merisaukan hal ini, bahkan saya tidak memperhatikannya sama sekali, tetapi yang perlu diperhatikan adalah tidak menggunakan H1 lebih dari satu di satu laman, karena akan membingungkan bot google.

Fast Loading

Template yang speednya wus-wus akan disukai oleh pengunjung dan dapat mengurangi risiko bounce rate. Semakin kecil persentase bounce rate maka semakin bagus sebuah blog. Kenapa kecepatan blog berpengaruh terhadap bounce rate?

Karena jika loading blog lambat maka pengunjung akan men-close halaman sebelum konten termuat penuh. Dan ini adalah yang sering saya lakukan. Jadi pas lagi browsing ketemunya blog yang lola pasti saya close dan cari blog yang lain (maklum sinyal lemot wifi tetangga hehe).

Ingat lagi, jika pengunjung suka, maka google juga suka.

Sekarang sudah ada template amp, ini juga sangat direkomendasikan. Namun untuk pengguna platform blogger akan sedikit kesusahan dalam menggunakannya, apalagi jika artikelnya sudah ratusan bahkan ribuan, ini akan membutuhkan waktu yang lama untuk merevisinya satu persatu artikel agar valid AMP.

Responsive (mobile friendly)

Dengan berkembang pesatnya pengguna smartphone di dunia maka google menerapkan kebijakan mobile first-index. Dan maka secara otomatis desain blog yang mobile friendly adalah sebuah kewajiban, karena google lebih mengutamakan pengindeksan untuk blog versi mobile.

Menggunakan template yang valid AMP akan sangat diuntungkan karena sudah pasti template amp berdesain mobile friendly, dan dalam masalah kecepatan tak perlu diragukan, karena amp memang produk google.

Rich Snippet

Kutipan kaya adalah salah satu struktur konten yang diinginkan oleh google. Dengan kutipan kaya, maka google akan mengetahui struktur data yang digunakan sebuah blog, apakah blog itu mempunyai konten artikel, informasi produk, ataupun lainnya. Dengan menggunakan rich snippet maka kita akan diuntungkan dengan pengindeksan google yang berbeda dari biasanya.

Misalnya mendapatkan rating bintang, penampilan table, search box, informasi harga produk, ataupun lainnya. Tanda centang di hasil penelusuran google juga sangat bagus untuk diterapkan untuk menarik perhatian user.

Nah, mungkin 6 Ciri-Ciri Template Blogger Terbaik 2019 tersebut dapat membantu Anda dalam mencari ataupun membuat desain blog yang sesuai dengan algoritma google yang sekarang. Dari saya mungkin cukup sekian. Semoga Bermanfaat. Aamiin..

Baca Artikel Blogging Lainnya.