Blog adalah
masnasih.com – Berbicara tentang blog memang tidak ada habisnya. Bahkan sekarang trafik penggunaan blog meningkat pesat khususnya di Indonesia. Hal itu disebabkan adanya isu-isu bahwa blog bisa menghasilkan uang. Memang isu-isu yang beredar itu, nyatanya memang ada, banyak jutawan-jutawan yang lahir dari blog.

Blog dan Blogger Menurut masnasih.com

Banyak orang yang berlomba-lomba membuat konten berkualitas. Mereka beranggapan, dengan konten berkualitas akan bisa menarik lebih banyak visitor baru. Di sisi lain, banyak pula orang yang mengutamakan kuantitasnya daripada kualitasnya, artinya ia hanya memperbanyak tulisan, namun tidak memperhatikan kualitasnya. Anggapannya, semakin banyak tulisan yang dipublikasikan semakin banyak pula pengunjung yang datang.

Apa Itu Blog?

Menurut masnasih.com, blog merupakan suatu wadah atau tempat untuk menampung kreativitas-kreativitas yang dimiliki oleh para blogger. Dalam kata lain bahwa blog merupakan tempat untuk mengumpulkan ide satu orang atau lebih. 

Ide kreatif bisa membawa seorang menjadi orang sukses. Semakin bagus ide yang dimilikinya, semakin banyak peluang suksesnya. Begitu juga sebaliknya.

Tips Sukses Blogger

Cara sukses di dunia blogger adalah selalu belajar. Belajar bisa dari mana saja, bisa dengan membaca artikel dari blog yang sudah ada, membaca buku, berguru dengan blogger-blogger sukses, dsb; maka dengan sendirinya kita akan mudah mendapatkan kesuksesan, minimal bisa memunculkan ide-ide yang cemerlang bahkan lebih cemerlang dari pada blogger sukses itu sendiri. Ibaratnya kita adalah seorang murid dan mereka adalah gurunya. Murid belum tentu bodoh, guru belum tentu pintar. Bahkan murid biasanya lebih pintar dari gurunya.

Permasalahan Blogger

Saat membuat blog, sebenarnya kita sudah tahu masa depan dari blog yang sedang dibuat. Setidaknya kita sudah merencanakan suatu rencana besar ke depannya.  Tapi, pada langkah selanjutnya, tak sedikit blogger yang kehilangan arah saat mulai masuk ke tahap proses. Kebingungan dalam tahap proses memang tak bisa terhindarkan, dan itu akan terus terjadi sampai kita mendapatkan formula yang pas.

Masalah Konten

Dalam proses pengelolaan blog, ada istilah konten. Konten adalah isi dari blog itu sendiri yang umumnya berupa tulisan. Dalam proses inilah yang seringkali membuat blogger frustasi. Karena, proses ini adalah proses yang berkelanjutan dan harus dilakukan secara terus menerus terutama saat blog masih baru diluncurkan.

Sebenarnya dalam pengelolaan blog, kita tidak perlu membuat konten secara rutin. Iya. Jika kita sudah memiliki paling tidak 50 artikel. Tapi pertanyaannya apakah kita sudah memiliki 50 artikel tersebut? 

Bagi seorang blogger yang baru membuat blog tentunya belum memiliki 50 artikel tersebut. Bahkan ada yang masih memperbaiki tampilan blog (template). Sehingga yang perlu diperhatikan oleh pemula seperti kita adalah konten yang berkualitas dan berkuantitas banyak sehingga paling tidak butuh waktu 2 bulan untuk rutin membuat konten.

Masalah Tampilan

Berbicara tentang perbaikan template atau tampilan blog memang tidak ada habisnya. Karena dalam dunia blog mengenal istilah seo atau search engine optimation. Tapi hal ini berujung pada ketidak harmonisan dalam proses pengelolaan blog yang tergolong masih baru. 

Karena dengan memperhatikan tampilan blog, secara tidak langsung kita melupakan proses yang seharusnya kita jalani sekarang yaitu mengelola blog dengan membuat konten secara rutin.

Permasalahan tampilan blog memang sudah tidak bisa dihindarkan lagi. Dan permasalahan ini adalah permasalahan yang sudah lazim dialami oleh para blogger, bahkan blogger yang sekarang suksespun dulunya pernah bermasalah dengan hal ini.

Jenis Blogger

Ada seorang blogger yang tidak memperdulikan sama sekali tampilan blognya. Dia hanya memilih template pada saat membuat blog sesuai dengan yang dia inginkan, kemudian fokus membuat konten. Pasalnya dia hanya bertujuan untuk mencurahkan ide-ide yang dia miliki. Dan biasanya kriteria blogger seperti ini adalah blogger yang sukses dalam tahap proses awal, sehingga dia sukses dengan sendirinya.

Ada juga blogger yang bingung alias ragu. Ia selalu ragu dengan tampilan blognya, sehingga ia selalu berganti-ganti template. Hal ini tak jarang dialami oleh blogger pemula. 

Jika Anda adalah blogger yang suka ganti-ganti tampilan, maka berhentilah mengganti tampilan, jika niatnya ingin mendapatkan uang dari blog. Jika Anda tetap memaksakan diri maka proses awal ngeblog Anda akan hancur berantakan. Kenapa berantakan? Karena proses awal yang harus difokuskan sebenarnya bukan masalah tampilan, akan tetapi masalah konten blog.

Untuk masalah template, kita serahkan saja pada ahlinya. Banyak sekali template gratis yang bisa digunakan. Jika kurang puas bisa membeli template premium agar hasilnya lebih maksimal. Sedangkan untuk masalah konten, itulah yang perlu diperhatikan betul saat blog masih berusia muda.

Seperti itulah gambaran blog dan blogger menurut masnasih.com yang bisa saya sampaikan. Semoga bermanfaat.

Baca Artikel Blogging Lainnya.